Friday 2 April 2010

Aku? Seperti apa aku?

What is Your Temperament?
Pertanyaan ini mengusikku saat sekilas aku membaca pertanyaan ini di salah satu kuis di Facebook. 
Bohong kalau aku bilang aku nggak pernah ikut kuis ginian
Bohong juga kalau aku bilang aku nggak tertarik hal ginian

Passion aku ada di bidang Psikologi, jelas aja ketertarikan untuk hal-hal ini pastilah sangat wajar. 
Beberapa buku pernah aku baca dan sembari membaca aku pun membanding-bandingkan berbagai macam karakter yang ada di buku dengan karakterku sendiri. 

Kebanyakan hasil menunjukkan bahwa aku adalah orang yang MELANKOLIS

ini adalah deskripsi MELANKOLIS berdasarkan kuis FB terakhir yang aku ikuti...
You are a deep ocean and just as violent.

You are emotional and thoughtful, artistic and musical. Even if you don't draw or play an instrument, art and music play a big part in your life. You are talented and creative.

You are philosophical and poetic. Sometimes that me...ans you create a piece of art or poetry, and sometimes it means you have a new idea or a new way of approaching something.
You are always an original.
You underestimate yourself and are sensitive. You put others before yourself. You feel their pain. When someone has a problem, they come to you. Not to solve it, but to cry with them.
You are analytical and conscientious. Even with all this analysis you are idealistic. You appreciate beauty.
You see things others miss, and can feel a problem coming like a chill before the rain.
You are orderly and organized and strive for perfection in everything you do.
You value things, people, resources. You are very focused on the details.

You make friends cautiously and the friends you have are few and very close to you.
You are very faithful and devoted. You value loyalty and can become resentful if betrayed. You seek out special people who see your depth and beauty and they travel with you for long friendships.
You have a deep concern for other people and will listen to their complaints. People rely on you.

Last but not the least, You are Introvert: The Resident Genius.
Wow,,,bahkan aku pun amaze dengan hasil yang diungkap oleh tes beberapa pertanyaan ini.
Singkirkan segala penjelasan tentang validitas dan reliabilitas secara statistik, karena memang tidak ada yang bisa membuktikannya kecuali aku sendiri.

Dari 14 poin yang dijabarkan, aku menemukan diriku sendiri tertaut pada 12.5 poin.
Kok ada setengahnya sih? *maksa banget
Karena emang kalimat ini cuma setengahnya doang yang aku banget :)) *Yup, maksa emang :)


Ahh well,,, intinya sebenarnya bukan aku yang ingin mengekspos diri atau bahkan mempromosikan si kuis facebook ini. Melainkan lebih kepada proses mengenal diri kamu sendiri.

Di beberapa post sebelumnya aku pernah bilang bahwa "LIFE IS A PROCESS"

Proses disini termasuk dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk mengenal diri kamu sendiri.
Jangan salah yah, Mengenal diri kamu sendiri itu JAUH lebih susah daripada mengenal orang lain.
Karena untuk melakukan ini, kamu harus bisa Jujur dengan diri kamu sendiri.

Jujur atas semua hal yang kamu inginkan,,,
Jujur atas semua pengalaman (baik itu pengalaman manis dan pahit) dalam hidup kamu
Jujur tentang apa yang sebenarnya ada di pikiranmu,,
Jujur dengan Perasaan kamu,,

Dengan apa kamu bisa melakukan itu semua?
salah satunya adalah dengan Dialog Intrapersonal. 

Dialog ini adalah dialog yang kamu lakukan dengan diri kamu sendiri. 
simple memang, tapi susah. 

Hmm,,,Ayo kenali diri kamu sendiri!!!
Karena dengan begitu, kamu bisa jadi PRIBADI YANG BRILIAN 
 


5 comments:

  1. sama aku juga melankolis, sampai-sampai banyak yang temen bilang aku ini cowok berhati cewek

    ReplyDelete
  2. hai Nhira!
    Masih inget kok, hehe.. :) sorry commentnya lama dibalesnya. Am too busy with my other blog.. mampir-mampir yaa! how's life? good, it seems?

    ReplyDelete
  3. orang psikologi juga da yg percaya kuiz Fb to?? :D

    ReplyDelete
  4. waaah,,,Kak Nena...
    Life treats me fairly kak :)
    n quiet happy about that..

    masih sibuk dengan afs nih kayaknya yah??

    ReplyDelete
  5. Emang orang psikologi nggak boleh percaya sama kuis-kuis FB yah??

    aku nggak percaya-percaya banget, tapi bukan berarti aku nggak percaya. kan aku bilang, kalau kesimpulannya aku dapat dari beberapa kuis n karakteristik di buku juga. kalau penjabarannya emang aku sneak peek dari penjelasan di FB

    ReplyDelete