Saturday 25 July 2009

Cerita magang aku…


sebenernya mau nulis ini udah dari hari pertama aku magang,,,tapi baru punya courage nya sekarang…hehehe

anyway,,,aku akhirnya berhasil magang buat ngisi liburan aku kali ini…

gak tanggung2, langsung magang di RS Atma Husada Mahakam Samarinda a.k.a RS Jiwa Samarinda…

hari rabu,tanggal 13 juli aku mulai magang,,,pas hari pertama langsung dikenalin ma direktur RS ke ibu Palupi (psikolog di RS itu) n langsunglah aku di bawah pengawasan beliau langsung sejak hari itu ampe aku habis magang ntar. setelah “diserahkan”, aku langsung ngikut ibu palupi ke ruangan rehabilitasi (bagian dia).

pas masuk ruangan, langsung dikenalin ma ibu-ibu, bapak-bapak sama mbak-mbak yang kerja di rehabilitasi juga. first impression aku, they are all very friendly…nggak ada tuh yang masang tampang jutek dan kawan-kawan…suddenly i feel relaxed…

pas lagi ngobrol-ngobrol, tiba-tiba bu palupi ngajak aku ikutan penyuluhan ke smansa ama smp 34…

daripada bengong dek,,,mending ikut penyuluhan aja

ya udah,,aku ikutan aja..lagian kan mau ke smansa, lumayan lah ketemu ma guru-guru,,,

nyampe di smansa, senyam senyum ma guru2, sungkem ma bu lis, liat2 keadaan sekitar akhirnya masuklah aku ke masjid yang dijadiin tempat MOS. lucu deh,,,guru-guru sempat bingung kok aku dateng ma orang2 RSJ, pas dibilangin klo aku magang baru deh…

hohoho,,,senangnya!!! balik ke smansa dengan status alumni n jadi “pembicara” dihadapan SIBA (alias siswa baru,,hoho,,,maksa banget). abis menjalankan tugas ke smansa, kami langsung cabut ke smp 34..disini nih yang bener2 tough…

aku, bu palupi ma mbak marisa bener-bener harus puter otak untuk ngadepin massa yang berupa murid-murid ABG yang baru merasakan euphoria pake baju smp…

gak kehitung berapa banyak permainan yang harus kami keluarkan demi menggapai perhatian mereka dan kemudian nyangkut-nyangkutin permainan itu ke materi yang mau kita kasih. singkat kata, 1 botol aqua yang dikasih panitia habis kami tandas hanya dalam beberapa menit,,,(imagine how tired we were!!!)…but it’s cool though,,,

hari pun kembali berganti,,,dan pada hari kedua aku magang, kembali aku ada kerjaan, tapi kali ini aku single fighter,,,,

pas lagi bantuin orang rehab ngedata pasien yang datang ke ruang rehab, tiba-tiba ada yang manggil

mbak, disuruh bu palupi ngetes IQ anak ni..

dalam hatiku, modar wae,,,aku aja blom ngambil mata kuliah intelegensi…

aku langsung telpon bu palupi,,,trus dia nyuruh aku ngasih tes BINET gitu,,,

bu,,,saya blom pernah ngetes orang…

di tes pernah tapi???

blom bu…

ya udah,,,anaknya minta rujukan buat ke SLB kan? kamu observasi aja dek,,,trus buat laporannya, masukin aspek koordinasi motorik, interaksi sosial, kemampuan bahasa, kestabilan emosi, kemampuan berbahasa n berhitung…

(nah klo observasi doank aku PD)…okey bu…

akhirnya aku observasi sambil maen-maen ma tuh anak…

seru juga,,,doing something that i havent done before…n mind u, i’m doing it all alone by myself…so there’s no one i can hold on to…

Alhamdulillah aku survive tes ini,,,ngebuat laporan buat pihak yang berwenang,,,rada grogi juga pas ngasih ke bu palupi buat di tanda tanganin…pas dia pelan-pelan baca hasil laporanku,,,n finally she said

gini nih baru laporan….

pheeeww,,,,,Alhamdulillah….

berkat ngetes itu, ampe sekarang pun aku masih selalu ditugasin buat ngetes IQ anak2 yang datang,,,mostly sih mereka di tes IQnya buat referensi masuk SLB…

hal-hal lain yang biasanya aku kerjain kalau nggak ada yang di tes IQ adalah bantuin orang-orang rehab saat mereka ngasih kegiatan buat para pasien yang dikirim ke ruang rehab. kegiatannya macem2, kadang mereka olahraga (bulu tangkis, bola), karaoke, siraman rohani dan laen-laen…

kan pas terapi olahraga gitu, mereka maen bulu tangkis atau kadang maen bola. jadi pasien-pasien yang ikutan berpartisipasi maen pasti dikasih reward dari orang rehab. biasanya mereka dikasih rokok atau sekedar permen. n ekspresi mereka saat mereka minta jatah permen atau rokok mereka tuh priceless banget…

kadang aku berasa miriiis banget kalau liat mereka minta-minta reward gitu,,,kaya hatiku berasa dicubit-cubit,,,kadang langsung mikir “Ya Allah, kasian banget sih. mereka seakan “ngemis” buat minta sebuah permen”

sediiiiih banget rasanya…bener deh, kalau aku gak inget banyak orang disana, mungkin air mata aku udah netes aja di lapangan bulu tangkis..

pernah liat anak kecil minta permen? gitu lah ekspresi mereka kalau minta jatah mereka. n seperti anak kecil juga,,mereka kadang suka nipu-nipu..

bu,,,minta permen lagi bu…

kamu kan sudah dapet tadi…satu aja donk!!!!

beneran deh,,,jadi pegawai RS tuh selain bisa nanganin para pasien yang ternyata perasaannya sensitif banget, juga harus tegas…

perlakukan mereka kaya manusia biasa mbak nhira…ada saatnya mereka juga perlu kita perlakuin kaya anak kecil. liat deh tingkah mereka…

n bener juga, tingkah mereka emang lucu. ada satu pasien yang selalu ngedip-ngedipin mata kalau liat cewek, ada yang selalu ngomong Assalamualaikum, ada yang jalan kesana kemari, ada yang suka bersih-bersihin ruangan mereka bahkan ampe nyikat-nyikat lantai segala, ada yang suka nyoret-nyoret dinding, ada yang selalu minjem buku (padahal sebenernya dia gak bisa baca), nyanyi-nyanyi, melantunkan ayat-ayat Al Quran, bahkan ada yang ngajakin kelai mulu…

mereka juga pada jago maen catur loh,,,,ping pong juga oke…

pernah beberapa kali aku ngeliatin mereka tanding catur ma pegawai,,eh malah si pasien yang paling sering nyebut SKAK…hohoho

celotehan mereka juga lucu-lucu…kaya tadi tuh, ada 1 pasien yang abis diambil darahnya,,dia langsung deketin aku ma pak tasmo n bilang “Pak…pak…tadi tuh aku sudah baca Bismillah pas mau diambil darahnya, tapi tetap aja sakit pak ai…”hohoho…sumpah ngakak…

kadang kita siap-siap aja saat mereka bilang “minta duit seribu donk…” kalau udah gini, tinggal bilang “nggak ada”…

eh jangan salah loh,,,para pasien juga bisa disuruh-suruh…ada yang namanya pasien mandiri, dia nih udah bisa dilepas buat ngurus hal-hal basic di ruangannya masing-masing. dia juga bisa kalau kita suruh “hei …. tolong panggilin ibu …, bilang aja disuruh ke ruang rehab”

bahkan ada beberapa pasien yang diperbantukan RS untuk nyuci piring abis makan pegawai atau bahkan pasien ini bisa disuruh ke pasar yang emang deket ma RS buat beli sayur mayur atau bahkan nasi pecel…

mereka tinggal dikasih duit jalan aja,,,sekitar Rp 2000 aja mereka udah seneng banget,,,dikasih Rp 1000 atau cuma bahkan satu batang rokok aja udah kaya anak kecil dapat mainan idaman.

satu hal yang aku perhatiin, para pasien ini bener-bener ngerasain nikmatnya hidup saat mereka menghisap rokok mereka..

coba aja liat mereka kalau dikasih rokok,,,alamaaak….kaya dapat harta karun yang gak abis 7 turunan…

n ternyata ni bukan cuma pendapatku doank, ibu-ibu laen juga bilang gitu…

well,,,well….well….

magang aku bakal terus jalan…

n mudah-mudahan akan banyak pengalaman baru lagi yang bisa aku dapat n share…

No comments:

Post a Comment